Aksi nyata modul 3.3 a.10 Pengelolaan Program yang berdampak pada murid

 





latar belakang 




        Lingkungan alam yang rindang merupakan aset sumberdaya sekolah , Pohon yang tumbuh dengan rindang tentunya sangat banyak manfaatnya bagi semua masyarakat di sekolah . Program sekolah seperti gerakan Pupil  dan Bank sampah sekolah sangat menunjang agar kelestarian lkingkungan terjaga , melalui gerakan Pupil pungut sampah walaupun secuil dapat membentuk karakter perduli dengan lingkungan.

      Evaluasi program Pupil yang terus dilakukan oleh semua pihak , kolaborasi dengan semua masyarakat sekolah serta dinas lingkungan hidup, komunitas bank sampah kabupaten  akan membuat program yang menarik , harapannya semakin membudaya budaya positif  dilingkungan sekolah baik di dalam kelas ketika bapak dan ibu guru mengajar senantiasa mengingatkan murid melakukan gerakan Pupil tentunya teladan dari bapak dan ibu guru akan membuat gerakan pupil menjadi budaya positif di sekolah dan di masyarakat .

       Bank Sampah sekolah melalui program menabung sampah baik organik maupun anorganik akan menarik kader dan anggota bank sampah dalam pengelolaan sampah anorganik menjadi bunga , menjadi tas yang bisa bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi . Pemanfaatan sampah organik menjadi kompos dan eco enzyme yang banyak bermanfaat bagi kesuburan tanaman dan kesehatan juga berdampak pada kesejahteraan kader dan anggota bank sampah sekolah dengan dukungan dari orang tua serta  masyarakat dan  dukungan semua pihak. Kebijakan sekolah sangat mendukung keberhasilan  gerakan Pupil dan bank sampah di sekolah .













bisa  dilihat melalui link dibawah ini 

https://youtu.be/jDfYFk9m-JI

https://youtu.be/GwxgylZer90

https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/video/45618?from=share

       Pemanfaatan hasil kompos disekolah akan memberikan dampak yang positif bagi murid 










Feeling = Perasaan

      Perasaan kami bahagia setelah melakukan aksi nyata karena bisa membantu murid dalam menanamkan kepedulian  pada lingkungannya , memberikan pembelajaran yang bermakna kepada murid bahwa sampah organik bisa diolah menjadi kompos dan eco enzyme yang bermanfaat bagi kesuburan tanah dan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat 


Finding = Pembelajaran

          Kelestarian lingkungan alam adalah tanggungjawab semua pihak , penanaman kepedulian murid terhadap pelestarian lingkungan dapat dilakukan dengan gerakan PUPIL pungut sampah walaupun secuil dan pengelollan sampah di bank sampah sekolah dengan produk kompos dan eco enzyme menjadi solusi kelestarian lingkungan alam kedepan.

 kegiatan gerakan Pupil dan bank sampah bisa dilihat pada link dibawah ini

 https://drive.google.com/drive/folders/1lDrGBfYMdLb5D4L8lJgokJe00yETokqL?usp=sharing

 https://drive.google.com/drive/folders/1M8sUWLTA7nFw7_3IxvC_T3Jdd1xewlo3?usp=sharing


                   Future = Penerapan kedepan

    Penerapan kedepan melakukan aksi pemberian eco enzyme kepada masyarakat serta melakukan  sosialisasi manfaat eco enzyme duantaranya dapat  meningkatkan kesuburan tanah , kesehatan , kesejateraan masyrakat oleh kader bank sampah .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

disiplin positif

1.4.a.4. Eksplorasi Konsep - Budaya Positif

MENGAMBIL KEPUTUSAN YANG BERTANGGUNG JAWAB