Yang menarik dari proses dan
hasil pemetaan tentang sumber daya di daerah untuk sekolah saya adalah
disekolah saya dekat dengan wisata religi Makan ki ageng selo dan kiageng Tarub
sehingga bisa kita manfaatkan dalam menumbuhkan karakter profil pelajar pancasila
menanamkan jiwa keimanan kepada Tuhan yang maha Esa dan berakhlak mulia dengan
menghargai perjuangan leluhur , di daerah kami juga ada budaya kesenian tari
angguk yang tarian menggambarkan bagaimana perjuangan prajurit pangeran
diponegoro dalam perjuangan melawan belanda , gerakan tarian tersebut
tersebut menggambarkan , ketaatan beragama , nasionalisme , kerja
sama , keberanian , disekolah kami juga dekat dengan lahan persawahan yang bisa
digunakan dalam memproduksi olahan bahan makanan yang enak , sehat dan layak
jual. dekat juga dengan lokasi wisata yang bisa kita manfaatkan untuk
pemebelajran diluar ruangan untuk menumbuhkan jiwa penelitian murid
terhadap lingkungan disekitarnya, seperti dekat dengan bledug kuwu dan bukit
Gantole.
Pola pikir yang saya pikirkan Sebelum
mempelajari modul ini pola pikir saya sebagian kecil menggunkan
pendekatan aset , namun masih banyak menggunakan pendekatan berbasis masalah ,
setelah mempelajari modul ini pola pikir saya sudah ada perubahan.
Ada perubahan , ada perbedaan
pola pikir saya setelah mempelajari modul ini , sumber daya manusia , sumber
daya sosial, aset fisik, aset lingkungan alam, aset finansial, aset politik
,sebelum mendapat modul ini pola pikir saya masih berdasarkan masalah setelah
dapat modul ini berubah menagapa berubah karena aset tersebut memiliki potensi
yang sangat besar yang bisa kita gunakan untuk menunjang pemebajaran yang
berpusat pada murid . misal dengan aset manusia , aset sosial, aset finansiala
, aset politik , aset lingkungan alam , aset agama dan budaya ,dsetelah
mempelajari modul ini ada perubahan dalam pola pikir saya bahwa semua
aset tersebut memiliki potensi dalam pengembangan pembelajaran yang berfokus
pada murid , seperti menggunakan lingkungan alam untuk belajar diluar
kelas bagi murid untuk menumbuhkan karakter pelajar pancasila. dengan
penugasan kepada murid pada mata pelajaran tertentu yang ada kaitannya dengan
lingkungna dan alam serta agama dan budaya, misalnya mata pelajaran agama dan
budi pekerti , mata pelajaran kimia , fisika , seni . pkwu , ppkn , ekonomi ,
bahasa jawa , olah raga , matimatika , dan mapel,lainnya.
Yang perlu saya lakukan jika
dapat terus berpikir dengan pendekatan berbasis Aset adalah saya akan
mengadakan survai dan penelitian tentang aset yang saya niliki kemudian
menggunakan aset tersebut untuk terus menggali , menumbuhkan , mengarahkan
potensi aset tersebut dalam kebermanfatan nya dalam menunjang proses
pemebajaran yan berfokus pada murid , melakukan kerja sama dengan berbagai
pihak yang terkait baik instansi pemerintah, dan dunia usaha serta
komunitas masyarakat agar mendukung dan memberikan pelayanan untuk keberhasilan
pendidikan yang berfokus pada murid untuk mewujudkan merdeka belajar dalam
membentuk profil pelajar pancasila.
Komentar
Posting Komentar