refleksi mingguan

3.2.a.3. Mulai dari Diri - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

     Yang menarik dari proses dan hasil pemetaan tentang sumber daya di daerah untuk sekolah saya adalah disekolah saya dekat dengan wisata religi Makan ki ageng selo dan kiageng Tarub sehingga bisa kita manfaatkan dalam menumbuhkan karakter profil pelajar pancasila menanamkan jiwa keimanan kepada Tuhan yang maha Esa dan berakhlak mulia dengan menghargai perjuangan leluhur , di daerah kami juga ada budaya kesenian tari angguk yang tarian menggambarkan bagaimana perjuangan prajurit pangeran diponegoro dalam perjuangan melawan belanda , gerakan tarian tersebut  tersebut menggambarkan  , ketaatan  beragama , nasionalisme , kerja sama , keberanian , disekolah kami juga dekat dengan lahan persawahan yang bisa digunakan dalam memproduksi olahan bahan makanan yang enak , sehat dan layak jual. dekat juga dengan lokasi wisata yang bisa kita manfaatkan untuk pemebelajran diluar ruangan untuk  menumbuhkan jiwa penelitian murid terhadap lingkungan disekitarnya, seperti dekat dengan bledug kuwu dan bukit Gantole.

 

      Pola pikir yang saya pikirkan Sebelum mempelajari modul ini pola pikir saya sebagian kecil  menggunkan pendekatan aset , namun masih banyak menggunakan pendekatan berbasis masalah , setelah mempelajari modul ini pola pikir saya sudah ada perubahan.

 

     Ada perubahan , ada perbedaan pola pikir saya setelah mempelajari modul ini , sumber daya manusia , sumber daya sosial, aset fisik, aset lingkungan alam, aset finansial, aset politik ,sebelum mendapat modul ini pola pikir saya masih berdasarkan masalah setelah dapat modul ini berubah menagapa berubah karena aset tersebut memiliki potensi yang sangat besar yang bisa kita gunakan untuk menunjang pemebajaran yang berpusat pada murid . misal dengan aset manusia , aset sosial, aset finansiala , aset politik , aset lingkungan alam , aset agama dan budaya ,dsetelah mempelajari  modul ini ada perubahan dalam pola pikir saya bahwa semua aset tersebut memiliki potensi dalam pengembangan pembelajaran yang berfokus pada murid , seperti menggunakan lingkungan alam untuk  belajar diluar kelas  bagi murid untuk menumbuhkan karakter pelajar pancasila. dengan penugasan kepada murid pada mata pelajaran tertentu yang ada kaitannya dengan lingkungna dan alam serta agama dan budaya, misalnya mata pelajaran agama dan budi pekerti , mata pelajaran kimia , fisika , seni . pkwu , ppkn , ekonomi , bahasa jawa , olah raga , matimatika , dan mapel,lainnya.  

      Yang perlu saya lakukan jika dapat terus berpikir dengan pendekatan berbasis Aset adalah saya akan mengadakan survai dan penelitian tentang aset yang saya niliki kemudian menggunakan aset tersebut untuk terus menggali , menumbuhkan , mengarahkan potensi aset tersebut dalam kebermanfatan nya dalam menunjang proses pemebajaran yan berfokus pada murid , melakukan kerja sama dengan berbagai pihak yang terkait baik instansi pemerintah, dan dunia usaha serta  komunitas masyarakat agar mendukung dan memberikan pelayanan untuk keberhasilan pendidikan yang berfokus pada murid untuk mewujudkan merdeka belajar dalam membentuk profil pelajar pancasila.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

disiplin positif

1.4.a.4. Eksplorasi Konsep - Budaya Positif

MENGAMBIL KEPUTUSAN YANG BERTANGGUNG JAWAB