refleksi mingguan

Refleksi mingguan CGP 

     Pada Tanggal 9 Maret 2022 kita belajar Modul 2.2.a.6. Refleksi Terbimbing - Pembelajaran Sosial dan Emosional , "Kita tidak belajar dari pengalaman, tetapi kita belajar dari Refleksi terhadap pengalaman kita" John Dewey (Philosopher, Psychologist)
dalam refleksi terbimbing kali ini . kita diminta untuk berhenti sejenak untuk merayakan apa yang sudah dipelajari dan melakukan dalam proses bertumbuh sebagai CGP. Hal ini bertujuan untuk melihat kembali hal-hal positif dan menyenangkan, sesi ini memberikan kesempatan kepada CGP untuk mengidentifikasi hal-hal yang masih menjadi tantangan bagi CGP untuk meningkatkan proses pembelajaran berikutnya.
   CGP diminta menyebutkan 3 hal menarik yang telah dipelajari serta kemukan alasannya contoh berupa gambar atau foto agar memperjelas jawaban . menyebutkan 2  hal penting yang dipelajari mengemukaan alasannya, menyebutkan satu hal yang ingin diterapkan  dalam kelas. 
    3 hal yang paling menarik yang saya pelajari dalah

1.Pengenalan diri .Pengenalan emosi seperti ini dapat membantu baik guru maupun murid untuk dapat merespon terhadap kondisinya sendiri secara lebih tepat. Itu sebabnya penting untuk menerapkan latihan berkesadaran penuh (mindfulness) sambil mengembangkan kompetensi kesadaran diri (self awareness).

2. Melatih Empati Keterampilan berempati merupakan keterampilan yang membantu seseorang memiliki hubungan yang hangat dan lebih positif dengan orang lain. Mengapa? Karena empati mengarahkan kita untuk mengurangi fokus hanya ke diri sendiri, melainkan juga belajar merespon orang lain dengan cara yang lebih informatif dan penuh afeksi ke orang lain sehingga lingkungan yang inklusif akan terbentuk.

3.Empati membantu untuk belajar merespon orang lain dengan cara yang lebih informatif dan penuh afeksi ke orang lain sehingga lingkungan yang inklusif akan terbentuk. Selanjutnya, bagaimana kita dapat membangun kerja sama dan mengelola konflik yang terjadi? Berikut adalah beberapa keterampilan yang perlu dikembangkan untuk dapat membangun kerja sama: (https://casel.org/sel-framework/)

4. Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab sesungguhnya adalah kemampuan yang jika secara konsisten dan berkelanjutan ditumbuhkan dan dibiasakan sejak dini, akan memungkinkan seseorang untuk bertumbuh menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan lebih berdaya lenting (resilience) dalam menghadapi segala konsekuensi yang harus dihadapi akibat keputusan yang dibuat dalam hidupnya.

2 Hal penting yang saya pelajari:

1. Pengenalan diri .Pengenalan emosi seperti ini dapat membantu baik guru maupun murid untuk dapat merespon terhadap kondisinya sendiri secara lebih tepat. Itu sebabnya penting untuk menerapkan latihan berkesadaran penuh (mindfulness) sambil mengembangkan kompetensi kesadaran diri (self awareness).

2.Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab sesungguhnya adalah kemampuan yang jika secara konsisten dan berkelanjutan ditumbuhkan dan dibiasakan sejak dini, akan memungkinkan seseorang untuk bertumbuh menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan lebih berdaya lenting (resilience) dalam menghadapi segala konsekuensi yang harus dihadapi akibat keputusan yang dibuat dalam hidupnya

http://Pengenalan diri .Pengenalan emosi seperti ini dapat membantu baik guru maupun murid untuk dapat merespon terhadap kondisinya sendiri secara lebih tepat. Itu sebabnya penting untuk menerapkan latihan berkesadaran penuh (mindfulness) sambil mengembangkan kompetensi kesadaran diri (self awareness).

Satu hal yang coba saya ingin terapkan 

mempraktikkan kesadaran penuh (mindfulness).

tujuannya:

Agar murid  dapat merespon terhadap kondisinya sendiri secara lebih tepat, kemudian siswa bisa mampu mengelola emosi dengan baik sehingga bisa mengikuti pelajaran dengan baik.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

disiplin positif

1.4.a.4. Eksplorasi Konsep - Budaya Positif

MENGAMBIL KEPUTUSAN YANG BERTANGGUNG JAWAB