Refleksi Mingguan


Pada Hari Kamis , pada tanggal 8 dan 9  Februari 2022 kegiatan kami adalah belajar modul  2.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Modul 2.1 (Mandiri) . Tujuan Pembelajaran Khusus ini adalah :

  1. CGP dapat menunjukkan pemahaman tentang diferensiasi konten, proses dan produk
  2. CGP dapat menyimpulkan apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan Diagram.
Pada tahap ini kita mempelajari secara cermat materi yang ada dalam LMS sejumlah 17 halaman dan menulis hal hal yang penting melalui tombol YOUR NOTES AND QUESTIONS sebagai bukti aktivitas dan keaktifan dalam pembelajaran. kesempatan belajar selama 2 hari sehingga relatif cukup untuk mempelajari materi 

Pada hari kamis , tamggal 10 februari 2022 kegiatan kami adalah belajar modul 2.1a. 4.1 Forum diskusi -Eksplorasi konsep Modul 2.1 (Asinkron)"satu ukuran cocok untuk semua?"(Justin Tarte)

Pada hari Rabu sampai Jumat 16-18 Februari 2022 adalah Modul 2.1.a 7. Demonstrasi Kontekstual -Modul 2.1 dengan Durasi :2 JP dan Moda : Penugasan Mandiri secara Asonkron .

Saat Diskusi adalah saat yang menyenangkan saya bisa melihat hasil diskusi kelompok lain dari unit sekolah SD, SMP dan PAUD , mengetahui kekurangan dari RPP  hasil diskusi kami .

Hal -hal positif yang bisa saya ambil tentang bagaimana kita bagaimana kita memastikan murid kita sukses dalam proses pembelajarannya, kita perlu mengetahui bagaimana kekuatan murid kita  , gaya belajarnya, minatnya , siapa yang cara menghitungnya cepat , siapa yang suka bekerja sama dengan kelompok dan sebaliknya, Strategi apa yang bisa kita lakukan dengan pembelajaran berdiferensiasi , ada 3 aspek  kebutuan murid adalah :

  1. Kesiapan belajar (readinees) murid
  2. Minat murid 
  3. Profil belajar Murid 

Setelah mempelajari Modul 2.1 tentang pembelajaran berdiferensiasi saya menemukan hambatan antara lain saya belum mengetahui secara pasti minat , Profil belajar murid saya , saya merasa takut kalau saya salah dalam menentukan gaya belajarnya apakah visual, aodiotari, konestetik . kemudian juga saya perlu mengetahui kebutuhan murid saya juga perlu tahu mengetahui apa kebutuhan murid, menegtahui kondisi awal pengetahuan murid  , menilai murid untuk mengetahui pengetahuan , sikap dan ketrampilan murid , menanyakan kebutuhan murid kepada orang tua , mencari info dari guru  yang juga  mengajar muird, berdiskusi , mereview refleksi pembelajaran sendiri untuk mengetahui efektifitas pembelajaran .

Setelah mengetahui pembelajaran berdiferensiasi saya membuat ide untuk melakukan kolaborasi dengan guru BK dan guru yang mengajar serta wali kelas , melihat praktik mengajar guru yang lain , melakukkan refleksi diri dan banyak melakukan diskusi serta membuat pemetaan tentang kebutuhan murid dan profil belajar murid . 

Pembelajaran berdiferensiasi strategi untuk guru bisa mengajarlebih baik membuat murid jadi semangat dalam belajar , RPP yang biasanya saya buat satu untuk semua kelas saya rasa sekarang harus di rubah RPP perlu dibuat secara berbeda dan mengakumulasi dari 3 aspek kebutuhan murid yang paling mendasar.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

disiplin positif

1.4.a.4. Eksplorasi Konsep - Budaya Positif

MENGAMBIL KEPUTUSAN YANG BERTANGGUNG JAWAB