Refleksi Mingguan
Pada Hari Kamis , pada tanggal 8 dan 9 Februari 2022 kegiatan kami adalah belajar modul 2.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Modul 2.1 (Mandiri) . Tujuan Pembelajaran Khusus ini adalah :
- CGP dapat menunjukkan pemahaman tentang diferensiasi konten, proses dan produk
- CGP dapat menyimpulkan apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan Diagram.
Pada hari kamis , tamggal 10 februari 2022 kegiatan kami adalah belajar modul 2.1a. 4.1 Forum diskusi -Eksplorasi konsep Modul 2.1 (Asinkron)"satu ukuran cocok untuk semua?"(Justin Tarte)
Pada hari Rabu sampai Jumat 16-18 Februari 2022 adalah Modul 2.1.a 7. Demonstrasi Kontekstual -Modul 2.1 dengan Durasi :2 JP dan Moda : Penugasan Mandiri secara Asonkron .
Saat Diskusi adalah saat yang menyenangkan saya bisa melihat hasil diskusi kelompok lain dari unit sekolah SD, SMP dan PAUD , mengetahui kekurangan dari RPP hasil diskusi kami .
Hal -hal positif yang bisa saya ambil tentang bagaimana kita bagaimana kita memastikan murid kita sukses dalam proses pembelajarannya, kita perlu mengetahui bagaimana kekuatan murid kita , gaya belajarnya, minatnya , siapa yang cara menghitungnya cepat , siapa yang suka bekerja sama dengan kelompok dan sebaliknya, Strategi apa yang bisa kita lakukan dengan pembelajaran berdiferensiasi , ada 3 aspek kebutuan murid adalah :
- Kesiapan belajar (readinees) murid
- Minat murid
- Profil belajar Murid
Setelah mempelajari Modul 2.1 tentang pembelajaran berdiferensiasi saya menemukan hambatan antara lain saya belum mengetahui secara pasti minat , Profil belajar murid saya , saya merasa takut kalau saya salah dalam menentukan gaya belajarnya apakah visual, aodiotari, konestetik . kemudian juga saya perlu mengetahui kebutuhan murid saya juga perlu tahu mengetahui apa kebutuhan murid, menegtahui kondisi awal pengetahuan murid , menilai murid untuk mengetahui pengetahuan , sikap dan ketrampilan murid , menanyakan kebutuhan murid kepada orang tua , mencari info dari guru yang juga mengajar muird, berdiskusi , mereview refleksi pembelajaran sendiri untuk mengetahui efektifitas pembelajaran .
Setelah mengetahui pembelajaran berdiferensiasi saya membuat ide untuk melakukan kolaborasi dengan guru BK dan guru yang mengajar serta wali kelas , melihat praktik mengajar guru yang lain , melakukkan refleksi diri dan banyak melakukan diskusi serta membuat pemetaan tentang kebutuhan murid dan profil belajar murid .
Pembelajaran berdiferensiasi strategi untuk guru bisa mengajarlebih baik membuat murid jadi semangat dalam belajar , RPP yang biasanya saya buat satu untuk semua kelas saya rasa sekarang harus di rubah RPP perlu dibuat secara berbeda dan mengakumulasi dari 3 aspek kebutuhan murid yang paling mendasar.
Komentar
Posting Komentar