Rancangan tindakan aksi nyata modul 1.4 budaya positif

 

Rancangan tindakan aksi nyata

RANCANGAN TINDAKAN AKSI NYATA

JUDUL MODUL   : Menumbuhkan jiwa kemandirian siswa melalui kegiatan produksi membuat makanan  yang layak jual dengan melibatkan orang tua sebagai salah satu sumber belajar siswa/Aksi Nyata

NAMA PESERTA : PGP-KAB GROBOGAN-PUJI RAHAYU,S.Pd.M.Pd-Aksi Nyata

 

Latar Belakang

Seorang Guru memiliki peranan yang sangat penting bagi dunia pendidikan. Peran Guru ini dinilai sangat penting dikarenakan siswa menerima teladan dan ilmu pengetahuan dari sosok seseorang Guru yang diharapkannya dapat menjadi teladan  dan contoh hidupnya kelak. Keberhasilan pendidikan tidak hanya ditentukan oleh seorang guru saja, perlu dukungan dan keterlibatan orang tua di dalamnya. Seperti yang dikatakan Ki Hajar Dewantara bahwa pusat pendidikan itu ada tiga yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan sinergitas dari ketiga unsur tersebut untuk mewujudkan keberhasilan sebuah pendidikan. Peran orang tua  sangat penting dalam mendampingi belajar anaknya. Ada tiga peran orang tua yang dapat dilakukan yaitu; 1) membantu anak belajar, 2) memotivasi anak, dan 3) memantau perkembangan belajar anak. Keterlibatan orang tua dalam mendampingi anak di dalam belajar merupakan motivasi tersendiri bagi anak. Anak-anak akan belajar sungguh-sungguh dan bersemangat apabila ada dukungan penuh dari orang tuanya.

 Perkembangan Revolusi Indutri 4.0 ditandai dengan kemajuan teknologi dan perubahan zaman dengan berbagai macam persoalan merupakan tantangan kedepan  untuk itu diperlukan transformasi dalam dunia pendidikan untuk menjawab perubahan zaman yang begitu cepat  pembelajaran perlu untuk menerapkan  nilai nilai Guru Penggerak agar mampu menciptakan pembelajaran yang menarik, menghargai setiap perbedaan, dan keragaman, terpusat kepada siswa, Penerapan pendidikan karakter,  serta mewujudkan Merdeka Belajar.Dari hal yang demikian maka tujuan pembelajaran akan tercapi secara maksimal.  Rancangan kali ini  diharapkan mampu menumbuhkan semangat pengembangan Kompetensi dari seorang Guru Utamanya dalam menerapkan nilai nilai Guru Penggerak seperti Kemandirian,Inovatif, Reflektif,Kolaboratif, dan berpusat pada anak didalam proses pembelajaran disekolah, yang nantinya akan dapat memberi pengaruh positif kepada siswa kelak

 

 

Linimasa Tindakan yang akan dilakukan

  1.       Melaksanakan pembelajaran daring dan PTM terbatas
  2.       Guru Mengajak anak dengan share screen untuk menonton video pembelajaran yang dibuat oleh Guru tentang proses proses kegiatan produksi  
  3.       Mengajak siswa untuk menyimak video
  4.       Guru hanya memfasilitasi dan siswalah yang mengamati atau menyimak proses produksi  tersebut dan menceritakan tentang video proses produksi  dengan bahasanya sendiri
  5.      Setelah selesai menonton video pembelajaran, guru bertanya kembali tentang proses kegiatan produksi , mulai dari proses awal dan sampai proses terakhir
  6.       Guru juga mengajak siswa berdiskusi tentang kegiatan produksi, tentang contoh kegiatan produksi yang dilakukan  siswa
  7.      Guru memberikan umpan balik, kepada siswa

 

 

 

 S

                                                        

Tujuan

Meciptakan pembelajaran yang menarik menyenangkan dan berpusat pada anak melalui penerapan nilai nilai Guru penggerak yang diintegrasikan kedalam pembelajaran,shingga mampu mentranspormasikan nilai nilai tersebut kedalam kehidupan, dan dapat memberi mafaat serta teladan bagi siswa

Tolak ukur

  1. Siswa rajin melaporkan hasil belajarnya dan hasil karyanya dengan melibatkan Orang Tua dalam proses pelaporan kegiatan produksi. 
  2. Siswa memiliki sikap kemandirian dengan aktif terlibat langsung dalam pembuatan produksi. 
  3. Siswa menghasilkan produksi  makanan yang layak jual.



 

Dukungan yang dibutuhkan

  1.  Kepala sekolah mendukung kegiatan yang dilakukan Guru
  2.  Kolaborasi anatar guru yang satu dengan yang lain (Guru Ekonomi dengan Guru PKWU)
  3.  Orang tua siswa
  4.  Infrastruktur jaringan

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

disiplin positif

1.4.a.4. Eksplorasi Konsep - Budaya Positif

MENGAMBIL KEPUTUSAN YANG BERTANGGUNG JAWAB