Visi Guru Penggerak Visi murid impian penerapan IA

 

                              VISI SAYA SEBAGAI SEORANG GURU PENGGERAK

 

 



 

Seorang guru penggerak  adalah pemimpin pembelajar yang menerapkan merdeka mengajar dan menggerakkan seluruh ekosistem pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang berpusat pada murid. Mengembangkan kepemimpinan murid untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, untuk menjalankan peran tersebut dibutuhkan visi seorang guru penggerak dalam menjalankan aktivitasnya  , visi merupakan impian besar  yang dari visi tersebut di jabarkan melalui misi, visi saya menjadi Guru penggerak adalah menjadi Guru  Oke (Optimis, Kreatif dan edukatif) agar menghasilkan murid berlian sebagaimana visi murid impian saya yaitu Murid Berlian , saya artikan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlaq mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, liabel , amanah , nasionalis

seorang guru ibarat seorang petani , benih jagung yang ditanamnya akan tumbuh jagung ,seorang Guru hanya menuntun untuk mempertebal garis garis perilaku baik dan menghapus garis garis perilaku kurang baiknya , dalam menjalankan lakunya seorang guru juga perlu mengerti kodrat alam dan kodrat zaman yang dimiliki murid  artinya seorang murid memiliki kodrat alam dan kodrat zaman masing-masing dan seorang guru perlu menuntunnya untuk mewujudkan impiannya , dengan visi yang yang saya miliki menjadi guru yang menghadirkan  murid yang berlian akan memudahkan murid untuk mewujudkan impiannya . 

Optimis sebagai visi saya karena kenyakinan saya ketika kita bertaqwa kepada Tuhan YME pasti Tuhan akan memberikan jalan keluar setiap masalah yang saya hadapi dalam menjalankan tugas saya , memahami akan kodrat alam dan kodrat zaman yang ada pada murid akan menghadirkan sikap Kreatif pada diri Guru dalam mengajar , kata kuncinya melakukan refleksi dengan murid , teman sejawat , orang tua murid , masyarakat sekitar, melakukan kolaborasi akan menghasilkan Edukasi. murid berlian adalah murid yang bertaqwa kepada Tuhan akan menjadikan bekal bagi sang murid memilki akhlaq mulia , berkebhinekaan global memiliki jiwa gotong royong , liabel memilki kepekaan terhadap permasalahan lingkungan yang menghadirkan sifat amanah serta jiwa nasionalis yang kuat dalam dirinya yang akan bermanfaat bagi bangsa dan negara tercinta .

 Sekolah saya sudah berusaha memberikan rasa nyaman bagi guru dan murid untuk merdeka belajar dengan terus meningkatkan kopetensi guru dengan mengadakan IHT tentang sekolah penggerak, teman - teman guru saya juga memahami bahwa guru harus terus belajar sepanjang hayat , menghadirkan terus perubahan kreatifitas inovasi dalam menjalankan tugas , komunikasi kolaborasi dan bergotong royong terus di tingkatkan , kebersamaan dalam keluarga besar SMA N 1 PULOKULON terus di pupuk agar pekerjaan yang berat menjadi ringan .




LMS. 1.3.a.7.1.Demontrasi Konstektual Menerapkan Inkuiri Apresiatif

Nama : Puji Rahayu

Unit Kerja : SMA N 1 Pulokulon

 

A.         Tujuan Umum : Mewujudkan Peserta Didik SMA N 1 Pulokulon bertaqwa kepada Tuhan YME dan     Berakhlaq mulia  ,  mandiri, kreatif, gotong royong dan  bernalar kritis.

 

B.     Tujuan khusus :

-          Peserta didik kelas X Pembelajaran dengan membuat Proyek

 

C.     Pertanyaan dalam tahap-tahap BAGJA :

Prakarsa Perubahan

Peserta didik mempunyai peningkatan karakter pelajar Pancasila yaitu pada karakter bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlaq mulia ,  mandiri, kreatif, gotong royong dan  bernalar kritis

 

 

Tahapan

Pertanyaan

Daftar tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan

B-uat pertanyaan (Define)

1.    Apakah peserta didik  tertarik untuk belajar ekonomi?

 

 

 

 

2.    Potensi apa yang dimiliki oleh peserta didik kaitannya dengan mandiri, kreatif, gotong royong dan  bernalar kritis ?

 

 

 

 

 

3.    Apa yang diharapkan dari rencana perubahan karakter tersebut ?

 

4.    Apa daya dukung yang ada?

1.    Siswa diberikan Quisioner untuk mengetahui minat mereka membuat produksi makanan ringan.

 

2.    Pengamatan saat membuat produk makanan ringan

 

 

 

 

 

 

 

3.     Peserta didik,  mandiri, kreatif, gotong royong dan  bernalar kritis

 

4.    Program dalam KTSP dan dana BOS

 

 

A-mbil pelajaran (Discover)

1.    Siapakah guru di SMA N 1 Pulokulon yang sudah berhasil menumbuhkan karakter  bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlaq mulia ,  mandiri, kreatif, gotong royong dan  bernalar kritis

 

2.    Bagaimana cara menumbuhkan karakter  bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlaq mulia ,  mandiri, kreatif, gotong royong dan  bernalar kritis

 

3.    Design pembelajaran seperti apa yang bisa menumbuhkan karakter  bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlaq mulia ,  mandiri, kreatif, gotong royong dan  bernalar kritis

 

 

 

4.    Apa saja yang bisa mendukung perwujudan karakter  bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlaq mulia ,  mandiri, kreatif, gotong royong dan  bernalar kritis

 

 

1.    Guru Agama, Guru Kewirausahaan , Guru pembimbing karya ilmiah ,Guru Pkn ,Guru ekonomi di SMAN 1 Pulokulon

 

 

 

2.    Membuat karya secara berkelompok dengan jadwal yang telah ditentukan

 

 

 

3.    Program pembuatan pembuatan Produksi  makanan ringan pembimbingan, serta praktek pembuatan Produksi makanan ringan  dan Teknik penilaian

 

 

4.    Pemetaan kekuatan di SMA N 1 Pulokulon yang sudah dimiliki

G-ali mimpi (Dream)

1.    Hal baik apa yang diharapkan dari peningkatan karakter karakter  bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlaq mulia ,  mandiri, kreatif, gotong royong dan  bernalar kritis

 

 

 

2.    Bagaimana suasana belajar yang mendukung hal tersebut ?

 

 

 

 

 

3.    Bagaimana tindak lanjut praktik baik ini ?

 

 

 

4.    Apa saja hal yang diharapkan terkait peningkatan karakter  bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlaq mulia ,  mandiri, kreatif, gotong royong dan  bernalar kritis bagi peserta didik?

 

1.      Menumbuhkan karakter  bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlaq mulia ,  mandiri, kreatif, gotong royong dan  bernalar kritis dalam kehidupan sehari-hari

 

 

2.      Pemberian petunjuk yang jelas , pelaksanaan di rung terbuka agar nyaman dan suasananya menyenangkan

 

 

3.      Jika hasilnya bagus di masukkan dalam program tahunan yang ada di KTSP

 

4.      Menumbuhkan budaya lingkungan sekolah yang berkarakter bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlaq mulia ,  mandiri, kreatif, gotong royong dan  bernalar kritis

J-abarkan rencana (Design)

1.    Apa langkah utama yang dilakukan dalam rangka meningkatkan karakter karakter  bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlaq mulia ,  mandiri, kreatif, gotong royong dan  bernalar kritis bagi peserta didik?

 

 

 

 

 

2.    Berapa lama target yang dibutuhkan untuk meningkatkan karakter mandiri, kreatif dan gotong royong bagi peserta didik?

 

 

3.    Bagaimana agar lingkungan sekolah dapat mendukung karakter mandiri, kreatif dan gotong royong bagi peserta didik?

 

 

4.    Hal berbeda apakah yang dilakukan untuk meningkatkan karakter  bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlaq mulia ,  mandiri, kreatif, gotong royong dan  bernalar kritis bagi peserta didik?

 

1.      Membuat rencana dan jurnal pembiasaan dalam pembelajaran yang meningkatkan karakter  bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlaq mulia ,  mandiri, kreatif, gotong royong dan  bernalar kritis

 

 

2.      Jadwal pelaksanaan dengan target 1-3 tahun

 

 

 

 

3.      Berkolaborasi dengan Kepala Sekolah, guru teman sejawat, wali kelas, wali murid, mitra

 

 

4.      Mendesain program pembiasaan karakter  bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlaq mulia ,  mandiri, kreatif, gotong royong dan  bernalar kritis bagi peserta didik

 

A-tur Eksekusi (Delivery)

 

1.    Apa langkah pertama yang dilakukan dalam karakter  bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlaq mulia ,  mandiri, kreatif, gotong royong dan  bernalar kritis bagi peserta didik?

 

 

 

2.    Siapa yang terlibat dalam peningkatan mendesain program pembiasaan karakter karakter  bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlaq mulia ,  mandiri, kreatif, gotong royong dan  bernalar kritis bagi peserta didik?

 

3.    Kapan rencana ini akan dilakukan ?

 

4.    Bagaimana mengevaluasi ketercapaian rencana ini?

 

 

 

 

 

 

 

 

1.      Mendesain program pembiasaan karakter  bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlaq mulia ,  mandiri, kreatif, gotong royong dan  bernalar kritis bagi peserta didik

 

2.      Kepala Sekolah, diri sendiri, teman sejawat, peserta didik, mitra

 

 

 

 

 

 

3.      Awal bulan Januari 2022

 

4.      a. Kolaborasi dengan Kepala Sekolah dan guru teman sejawat sebagai penguji

b. melakukan refleksi dan evaluasi setiap bulan

c. melaksanakan market day dari produk-produk siswa

 

D.      Pemetaan Kekuatan SMA N 1 Pulokulon

Rincian Kekuatan

Strategi               

1.       Memiliki 288 peserta didik

 

 

 

2.       Juara lomba Krenova tingkat kabupaten

 

3.       Terdapat bahan makanan di lingkungan sekolah yang bisa diolah untuk produksi makanan ringan

 

4.       Kepala Sekolah sebagai Kepala sekolah penggerak

 

 

 

5.       Guru berkompetensi  tinggi untuk membantu pelaksanaan

 

 

6.       Kolaborasi dengan teman sejawat

 

7.       Penyediaan sarana prasarna  dari  sekolah dan perpustakaan yang mencukupi

8.       Dukungan dari komite dan wali murid

 

1.       Memasukkan anggaran program pembiasaan karakter mandiri, kreatif dan gotong royong bagi peserta didik dalam RAKS

2.       Melakukan pembinaan melalui ekstrakurikuler batik

 

3.       MOU dengan dinas terkait

 

 

 

4.       Sosialisai karakter  bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlaq mulia ,  mandiri, kreatif, gotong royong dan  bernalar kritis bagi peserta didik

 

5.       Guru agaman .Guru Kewirausahaan  .Guru ekonomi ,Guru Pembimbing Karya ilmiah.Guru PPkN

 

6.       Wali kelas mengkondisikan siswa

 

7.       Alokasi dana untuk penyediaan bahan dan peralatan membatik

8.       Memberikan ijin siswa memproduksi makanan ringan di rumah

 

 

 

 

 

                               

E.       Peran Murid

Kelas

Target Produksi Makanan Ringan

Pelaksanaan

XI

-       Bisa memproduksi makan ringan yang sehat dan berkualitas

-       Menghasilkan ringan yang layak jual

-       Bisa membuat laporan keuangan

-       Bisa memasarkan hasil produksi

 

1.       Awal Januari 2022 peserta didik mendapat pelajaran pembuatan makanan ringan yang sehat dan berkualitas

2.       Akhir Mei 2022 pelakasanaan

3.       Awal Juni kegiatan penjualan produksi makanan ringan dalam program kegiatan  market day .


Komentar

Postingan populer dari blog ini

disiplin positif

1.4.a.4. Eksplorasi Konsep - Budaya Positif

MENGAMBIL KEPUTUSAN YANG BERTANGGUNG JAWAB