Visi Guru Penggerak Visi murid impian penerapan IA
VISI SAYA SEBAGAI SEORANG GURU PENGGERAK
Seorang
guru penggerak adalah pemimpin pembelajar yang menerapkan merdeka mengajar dan menggerakkan seluruh ekosistem pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang berpusat pada murid. Mengembangkan kepemimpinan murid untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, untuk menjalankan
peran tersebut dibutuhkan visi seorang guru penggerak dalam menjalankan aktivitasnya , visi merupakan
impian besar yang dari visi tersebut di jabarkan melalui misi, visi saya menjadi Guru penggerak adalah menjadi Guru Oke (Optimis, Kreatif dan edukatif) agar menghasilkan murid berlian sebagaimana visi murid impian saya yaitu Murid Berlian , saya artikan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlaq mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, liabel , amanah , nasionalis
seorang guru ibarat seorang petani , benih jagung yang ditanamnya akan tumbuh jagung ,seorang Guru hanya menuntun untuk mempertebal garis garis perilaku baik dan menghapus garis garis perilaku kurang baiknya , dalam menjalankan lakunya seorang guru juga perlu mengerti kodrat alam dan kodrat zaman yang dimiliki murid artinya seorang murid memiliki kodrat alam dan kodrat zaman masing-masing dan seorang guru perlu menuntunnya untuk mewujudkan impiannya , dengan visi yang yang saya miliki menjadi guru yang menghadirkan murid yang berlian akan memudahkan murid untuk mewujudkan impiannya .
Optimis sebagai visi saya karena kenyakinan saya ketika kita bertaqwa kepada Tuhan YME pasti Tuhan akan memberikan jalan keluar setiap masalah yang saya hadapi dalam menjalankan tugas saya , memahami akan kodrat alam dan kodrat zaman yang ada pada murid akan menghadirkan sikap Kreatif pada diri Guru dalam mengajar , kata kuncinya melakukan refleksi dengan murid , teman sejawat , orang tua murid , masyarakat sekitar, melakukan kolaborasi akan menghasilkan Edukasi. murid berlian adalah murid yang bertaqwa kepada Tuhan akan menjadikan bekal bagi sang murid memilki akhlaq mulia , berkebhinekaan global memiliki jiwa gotong royong , liabel memilki kepekaan terhadap permasalahan lingkungan yang menghadirkan sifat amanah serta jiwa nasionalis yang kuat dalam dirinya yang akan bermanfaat bagi bangsa dan negara tercinta .
Sekolah saya sudah berusaha memberikan rasa nyaman bagi guru dan murid untuk merdeka belajar dengan terus meningkatkan kopetensi guru dengan mengadakan IHT tentang sekolah penggerak, teman - teman guru saya juga memahami bahwa guru harus terus belajar sepanjang hayat , menghadirkan terus perubahan kreatifitas inovasi dalam menjalankan tugas , komunikasi kolaborasi dan bergotong royong terus di tingkatkan , kebersamaan dalam keluarga besar SMA N 1 PULOKULON terus di pupuk agar pekerjaan yang berat menjadi ringan .
LMS.
1.3.a.7.1.Demontrasi Konstektual Menerapkan Inkuiri Apresiatif
Nama
: Puji Rahayu
Unit
Kerja : SMA N 1 Pulokulon
A. Tujuan Umum
: Mewujudkan Peserta Didik SMA N 1 Pulokulon bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlaq mulia , mandiri, kreatif, gotong royong dan bernalar kritis.
B. Tujuan khusus
:
-
Peserta didik kelas X Pembelajaran
dengan membuat Proyek
C.
Pertanyaan
dalam tahap-tahap BAGJA :
Prakarsa
Perubahan |
Peserta
didik mempunyai peningkatan karakter pelajar Pancasila yaitu pada karakter bertaqwa
kepada Tuhan YME dan Berakhlaq mulia ,
mandiri, kreatif, gotong royong dan
bernalar kritis
|
|
Tahapan |
Pertanyaan |
Daftar
tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan |
B-uat
pertanyaan (Define) |
1.
Apakah peserta didik tertarik untuk belajar ekonomi?
2.
Potensi apa yang dimiliki oleh peserta didik kaitannya
dengan mandiri, kreatif, gotong royong dan
bernalar kritis ?
3.
Apa yang diharapkan dari rencana perubahan
karakter tersebut ?
4.
Apa daya dukung yang ada? |
1.
Siswa diberikan Quisioner untuk mengetahui minat
mereka membuat produksi makanan ringan.
2.
Pengamatan saat membuat produk makanan ringan
3.
Peserta
didik, mandiri, kreatif, gotong royong
dan bernalar kritis
4.
Program dalam KTSP dan dana BOS
|
A-mbil
pelajaran (Discover) |
1.
Siapakah guru di SMA N 1 Pulokulon yang sudah
berhasil menumbuhkan karakter bertaqwa
kepada Tuhan YME dan Berakhlaq mulia ,
mandiri, kreatif, gotong royong dan
bernalar kritis
2.
Bagaimana cara menumbuhkan karakter bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlaq
mulia , mandiri, kreatif, gotong
royong dan bernalar kritis
3.
Design pembelajaran seperti apa yang bisa
menumbuhkan karakter bertaqwa kepada
Tuhan YME dan Berakhlaq mulia ,
mandiri, kreatif, gotong royong dan
bernalar kritis
4.
Apa saja yang bisa mendukung perwujudan karakter bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlaq mulia
, mandiri, kreatif, gotong royong
dan bernalar kritis
|
1.
Guru Agama, Guru Kewirausahaan , Guru pembimbing
karya ilmiah ,Guru Pkn ,Guru ekonomi di SMAN 1 Pulokulon
2.
Membuat karya secara berkelompok dengan jadwal
yang telah ditentukan
3.
Program pembuatan pembuatan Produksi makanan ringan pembimbingan, serta praktek
pembuatan Produksi makanan ringan dan
Teknik penilaian
4.
Pemetaan kekuatan di SMA N 1 Pulokulon yang sudah
dimiliki |
G-ali
mimpi (Dream) |
1.
Hal baik apa yang diharapkan dari peningkatan
karakter karakter bertaqwa kepada
Tuhan YME dan Berakhlaq mulia ,
mandiri, kreatif, gotong royong dan
bernalar kritis
2.
Bagaimana suasana belajar yang mendukung hal tersebut
?
3.
Bagaimana tindak lanjut praktik baik ini ?
4.
Apa saja hal yang diharapkan terkait peningkatan karakter
bertaqwa kepada Tuhan YME dan
Berakhlaq mulia , mandiri, kreatif,
gotong royong dan bernalar kritis bagi
peserta didik?
|
1.
Menumbuhkan karakter bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlaq
mulia , mandiri, kreatif, gotong
royong dan bernalar kritis dalam
kehidupan sehari-hari
2.
Pemberian petunjuk yang jelas , pelaksanaan di
rung terbuka agar nyaman dan suasananya menyenangkan
3.
Jika hasilnya bagus di masukkan dalam program tahunan
yang ada di KTSP
4.
Menumbuhkan budaya lingkungan sekolah yang berkarakter
bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlaq mulia , mandiri, kreatif, gotong royong dan bernalar kritis |
J-abarkan
rencana (Design) |
1.
Apa langkah utama yang dilakukan dalam rangka
meningkatkan karakter karakter bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlaq
mulia , mandiri, kreatif, gotong
royong dan bernalar kritis bagi
peserta didik?
2.
Berapa lama target yang dibutuhkan untuk
meningkatkan karakter mandiri, kreatif dan gotong royong bagi peserta didik?
3.
Bagaimana agar lingkungan sekolah dapat mendukung
karakter mandiri, kreatif dan gotong royong bagi peserta didik?
4.
Hal berbeda apakah yang dilakukan untuk
meningkatkan karakter bertaqwa kepada
Tuhan YME dan Berakhlaq mulia ,
mandiri, kreatif, gotong royong dan
bernalar kritis bagi peserta didik?
|
1.
Membuat rencana dan jurnal pembiasaan dalam
pembelajaran yang meningkatkan karakter bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlaq
mulia , mandiri, kreatif, gotong
royong dan bernalar kritis
2.
Jadwal pelaksanaan dengan target 1-3 tahun
3.
Berkolaborasi dengan Kepala Sekolah, guru teman
sejawat, wali kelas, wali murid, mitra
4.
Mendesain program pembiasaan karakter bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlaq
mulia , mandiri, kreatif, gotong
royong dan bernalar kritis bagi
peserta didik
|
A-tur
Eksekusi (Delivery)
|
1.
Apa langkah pertama yang dilakukan dalam karakter bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlaq
mulia , mandiri, kreatif, gotong
royong dan bernalar kritis bagi
peserta didik?
2.
Siapa yang terlibat dalam peningkatan mendesain
program pembiasaan karakter karakter bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlaq
mulia , mandiri, kreatif, gotong
royong dan bernalar kritis bagi
peserta didik?
3.
Kapan rencana ini akan dilakukan ?
4.
Bagaimana mengevaluasi ketercapaian rencana ini?
|
1.
Mendesain program pembiasaan karakter bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlaq
mulia , mandiri, kreatif, gotong
royong dan bernalar kritis bagi
peserta didik
2.
Kepala Sekolah, diri sendiri, teman sejawat,
peserta didik, mitra
3.
Awal bulan Januari 2022
4.
a. Kolaborasi dengan Kepala Sekolah dan guru teman
sejawat sebagai penguji b. melakukan refleksi dan evaluasi
setiap bulan c. melaksanakan market day dari
produk-produk siswa |
D. Pemetaan Kekuatan SMA N 1 Pulokulon
Rincian Kekuatan |
Strategi |
1.
Memiliki 288 peserta didik 2. Juara
lomba Krenova tingkat kabupaten 3. Terdapat
bahan makanan di lingkungan sekolah yang bisa diolah untuk produksi makanan
ringan 4. Kepala
Sekolah sebagai Kepala sekolah penggerak 5. Guru
berkompetensi tinggi untuk membantu
pelaksanaan 6. Kolaborasi
dengan teman sejawat 7. Penyediaan
sarana prasarna dari sekolah dan perpustakaan yang mencukupi 8. Dukungan
dari komite dan wali murid |
1. Memasukkan
anggaran program pembiasaan karakter mandiri, kreatif dan gotong royong bagi
peserta didik dalam RAKS 2. Melakukan
pembinaan melalui ekstrakurikuler batik 3. MOU
dengan dinas terkait 4. Sosialisai
karakter
bertaqwa kepada Tuhan YME dan
Berakhlaq mulia , mandiri, kreatif,
gotong royong dan bernalar kritis
bagi peserta didik 5. Guru
agaman .Guru Kewirausahaan .Guru
ekonomi ,Guru Pembimbing Karya ilmiah.Guru PPkN 6. Wali
kelas mengkondisikan siswa 7. Alokasi
dana untuk penyediaan bahan dan peralatan membatik 8. Memberikan
ijin siswa memproduksi makanan ringan di rumah |
E. Peran Murid
Kelas |
Target
Produksi Makanan Ringan |
Pelaksanaan |
XI |
-
Bisa memproduksi makan ringan yang sehat dan
berkualitas -
Menghasilkan ringan yang layak jual -
Bisa membuat laporan keuangan -
Bisa memasarkan hasil produksi |
1. Awal
Januari 2022 peserta didik mendapat pelajaran pembuatan makanan ringan yang
sehat dan berkualitas 2. Akhir
Mei 2022 pelakasanaan 3. Awal
Juni kegiatan penjualan produksi makanan ringan dalam program kegiatan market day . |
Komentar
Posting Komentar