REFLEKSI MINGGUAN

 REFLEKSI MINGGU KE 6


1. Facts (Peristiwa)

1.3.A VISI GURU PENGGERAK 

Di modul ini kita belajar mulai :

MULAI DARI DIRI  VISI GURU PENGGERAK




2.Feelings

Seorang guru penggerak memilki peran yang sangat besar , untuk menjalankan peran tersebut dibutuhkan VISI SEORANG GURU PENGGERAK , Visi sangat penting karena merupakan impian dan cita-citanya menjadi seorang guru dalam menuntun murid sesuai dengan visinya. dengan menuliskan visinya seorang guru akan menyusun langkah - langkah untuk mewujudkannya dengan Pendekatan paradigma Inkuiri Apresiatif sejatinya adalah menggali potensi setiap anak sesuai dengan kodratnya masing masing. Jadi paradigma ini bisa menjadi salah satu metode untuk mencapai visi yang sesuai dengan visi Ki Hajar Dewantara.

Inkuiri apresiatif adalah sebuah paradigma sekaligus model manajemen perubahan yang memegang prinsip psikologi dan pendidikan positif serta pendekatan berbasis kekuatan. Pendekatan ini berfokus pada kekuatan dan nilai-nilai positif yang dimiliki oleh suatu organisasi, dalam hal ini sekolah dan warganya untuk dapat terus melakukan perubahan dan perbaikan kualitas. Inkuiri apresiatif dapat dilakukan dengan melaksanakan 5 tahapan yaitu B (Buat pertanyaan awal), A (Ambil pelajaran), G (Gali mimpi), J (Jabarkan rencana), dan A (Atur eksekusi) atau biasa disebut dengan BAGJA.
 
Perubahan pendekatan untuk membangun motivasi dan rasa nyaman siswa akan ditempuh melalui pendekatan inkuiri apresiatif. Inkuiri apresiatif merupakan salah satu manajemen perubahan positif berbasis kekuatan secara kolaboratif (Dharma, 2020). Implementasi inkuiri apresiatif akan menerapkan model BAGJA yang meliputi tahap Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali Mimpi, Jabarkan Rencana, Atur Eksekusi (Dharma, 2020). Rancangan tindakan dilakukan dengan melibatkan siswa sebagai aktor utama untuk menumbuhkan motivasi dan rasa nyaman mereka menuju murid merdeka


3. Findings

Melalui penerapan inkuiri apresiatif model BAGJA di kelas diharapkan dapat menumbuhkan motivasi dan rasa nyaman siswa menuju murid merdeka. Indikator tindakan berjalan baik yaitu siswa dapat: (1) mengungkapkan hal positif yang dimiliki siswa untuk mewujudkan filosofi murid merdeka; (2) mengungkap potensi yang dimiliki siswa; (3) mengungkapkan harapan menuju murid merdeka; (4) menjabarkan rencana untuk mewujudkan murid merdeka; dan (5) mengatur eksekusi rencana menuju murid merdeka.Sehingga siswa impian saya  bisa terwujud

4. Future


Aksi nyata yang akan saya lakukan untuk membangun motivasi dan rasa nyaman siswa dalam belajar ditempuh melalui pendekatan inkuiri apresiatif model BAGJA. Pendekatan inkuiri apresiatif model BAGJA dipilih karena pendekatan ini merupakan salah satu manajemen perubahan positif berbasis kekuatan secara kolaboratif (Dharma, 2020). Tahapan inkuiri apresiatif model BAGJA yang dilakukan pada kegiatan ini diuraikan sebagai berikut.

1.     Buat Pertanyaan

Buat Pertanyaan merupakan tahapan merumuskan pertanyaan untuk menggali hal-hal pada diri siswa yang dapat membuat siswa bersemangat dan nyaman saat belajar.

2.     Ambil Pelajaran

Ambil Pelajaran merupakan tahap untuk menemukan pelajaran positif yang telah dimiliki siswa untuk menumbuhkan semangat dan nyaman saat belajar. 

3.     Gali Mimpi

Gali Mimpi merupakan tahapan untuk merumuskan tujuan dari perubahan yang akan dilakukan.

4.     Jabarkan Rencana

Jabarkan Rencana merupakan tahapan untuk merumuskan langkah-langkah dan kapan langkah-langkah perubahan akan mulai dilakukan.

5.     Atur Eksekusi.

Atur Eksekusi merupakan tahapan untuk merumuskan siapa saja yang akan terlibat dalam mewujudkan perubahan dalam menumbuhkan semangat dan rasa nyaman saat belajar.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

disiplin positif

1.4.a.4. Eksplorasi Konsep - Budaya Positif

MENGAMBIL KEPUTUSAN YANG BERTANGGUNG JAWAB